3 Pulau Hilang saat Tsunami Aceh Kini Muncul Kembali

edit

3 Pulau Hilang saat Tsunami Aceh Kini Muncul Kembali

Tsunami Aceh menghancurkan wilayah Aceh pada 26 Desember 2004 lalu. Ratusan ribu orang tewas, puluhan ribu lainnya hilang, dan beberapa pulau di Kepulauan Banyak lenyap dari permukaan.
Namun setelah 12 tahun berlalu, tiga buah pulau diidentifikasi telah timbul ke permukaan. Termasuk Pulau Jejawi yang dahulunya sebuah pulau yang dipenuhi pohon kelapa.
Menurut seorang warga setempat bernama Hasbi, selain Pulau Jejawi, banyak pulau lain yang tenggelam karena tsunami dan gempa bumi.
"Tiga pulau yang tenggelam akibat tsunami adalah Pulau Jejawi, Pulau Maleno, dan Pulau Gosong Sianje. Jadi, beberapa tahun terakhir Pulau Jejawi ini sudah muncul kembali setelah tenggelam sekitar 10 tahun lebih," kata Hasbi.
Terlepas dari segala konsekuensinya, menurut Hasbi, ketiga pulau yang ditemukan kembali itu bukanlah pulau yang dihuni manusia ketika gelombang tsunami dan gempa bumi melanda.
"Pulau-pulau itu hanya ditumbuhi tanaman pohon seperti kelapa dan pohon-pohon lainnya. Meski Pulau Sianje belum muncul, namun pada saat terjadi pasang surut, anjungan minyak milik Pertamina yang dibangun tahun 1973 di atas hamparan Pulau Sianje itu terkadang terlihat," ujarnya.
Hasbi menyatakan, jumlah pulau besar di wilayah Kepulauan Banyak sekitar 71 pulau, namun akibat gempa bumi dan gelombang tsunami, tiga pulau telah tenggelam.
"Jadi, sekarang jumlah pulau di wilayah Kepulauan Banyak sekitar 68 pulau, termasuk dengan Pulau Setan. Jadi, 28 pulau masuk dalam Kecamatan Pulau Banyak Barat dan 40 pulau masuk ke wilayah Kecamatan Induk Pulau Banyak," kata Hasbi.
(Sumber: siakapkeli.my)

Previous
Next Post »

NO SARA, NO RASIS, Jika belum punya akun BLOGGER silahkan komentar dengan pilihan ANOYMOUS Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment