Ini Cara Mengetahui Apakah Anda Cerdas Secara Emosional

edit


Ini Cara Mengetahui Apakah Anda Cerdas Secara Emosional
Orang yang cerdas secara emosional bukan orang yang pendendam. Pasalnya, menyimpan dendam berarti menyimpan stres.
Dream - Berbagai penelitian menunjukkan kecerdasan emosional sebagai faktor penting yang menentukan seseorang memiliki nilai lebih dari yang lainnya.
Hubungan antara kecerdasan emosional dan keberhasilan dalam hidup begitu kuat sehingga 90% dari orang-orang super sukses memiliki kecerdasan emosional yang tinggi.
Seperti dikutip dari Entrepremeur, kecerdasan emosional sangat berpengaruh dalam performa dan kecakapan emosi kita dalam bekerja, dan juga kemampuan diri kita dalam menghadapi suatu masalah.
Meski penting, tetapi sifat Emotional Questions (EQ) yang tidak berwujud membuat orang awam kesulitan untuk mengukurnya. Sebenarnya kita bisa melakukan tes EQ, namun tentu saja harus bayar.
Namun kompilasi tanda-tanda dari TalentSmart berikut bisa digunakan untuk mengukur apakah Anda memiliki EQ yang tinggi.
1. Anda bisa menyebut emosi secara spesifik
Semua orang mengalami emosi, tetapi hanya segelintir yang secara akurat dapat menyebut nama emosi mereka. Penelitian menunjukkan bahwa hanya 36% orang bisa melakukan hal ini. Emosi yang tidak berlabel sering disalahpahami, yang mengarah ke pilihan tidak rasional dan tindakan kontraproduktif.
Orang dengan EQ tinggi menguasai emosi mereka karena mereka memahaminya dan menggunakan penyebutan yang luas tentang emosi yang dialaminya. Jika sebagian besar orang mungkin menggambarkan diri mereka merasa 'buruk', orang yang cerdas emosinya dapat menentukan apakah mereka merasa 'tersinggung', 'frustrasi', 'tertindas', atau 'cemas'. Semakin spesifik pilihan kata yang Anda pakai, semakin baik Anda memiliki wawasan tentang emosi Anda.
2. Anda selalu ingin tahu tentang orang lain
Tidak masalah apakah introvert atau ekstrovert, orang-orang yang cerdas secara emosional selalu ingin tahu tentang semua orang di sekitar mereka. Rasa ingin tahu ini adalah produk dari empati, salah satu pintu gerbang yang paling signifikan untuk EQ yang tinggi. Semakin Anda peduli tentang orang lain dan apa yang mereka akan alami, semakin besar rasa ingin tahu Anda.
3. Anda suka pada perubahan
Orang dengan EQ tinggi adalah orang yang fleksibel dan mampu beradaptasi. Mereka tahu bahwa perasaan takut terhadap perubahan bersifat melumpuhkan dan menjadi ancaman utama bagi kesuksesan dan kebahagiaan mereka. Mereka mencari perubahan yang mengintai setiap saat, dan mereka membuat sebuah rencana tindakan jika perubahan harus terjadi.
4. Anda tahu kekuatan dan kelemahan Anda
Orang-orang cerdas secara emosional tidak hanya memahami emosi; mereka tahu kelebihan dan kekurangan dengan baik. Selain mengenal lingkungannya, mereka juga tahu siapa dan apa yang bisa mendorong mereka maju. Memiliki EQ tinggi berarti Anda tahu kekuatan Anda dan bagaimana memanfaatkannya untuk keuntungan Anda sambil menjauhkan kelemahan Anda.
5. Anda seorang penilai karakter yang baik
Banyak dari kecerdasan emosional menular ke kesadaran sosial; dengan kemampuan bisa membaca orang lain, baik karakter dan sifat-sifatnya. Seiring waktu, keahlian ini akan membuat Anda seorang penilai karakter yang luar biasa. Anda akan cepat mengenali sesorang. Anda tahu tentang orang lain dan memahami motivasi mereka, bahkan yang tersembunyi di bawah permukaan.
6. Anda sulit untuk tersinggung
Jika Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang siapa Anda, sulit bagi seseorang untuk mengatakan atau melakukan sesuatu yang membuat Anda tersinggung. Orang yang EQ-nya tinggi selalu percaya diri dan berpikiran terbuka, yang menciptakan kulit yang cukup tebal untuk menangkis semua serangan.
Anda bahkan mungkin mengolok-olok diri sendiri atau membiarkan orang lain membuat lelucon tentang Anda karena Anda secara mental telah mampu membedakan antara humor dan penghinaan.
7. Anda tahu cara bilang tidak
Kecerdasan emosional berarti mengetahui bagaimana berusaha mengendalikan diri, seperti mampu menunda merasa puas dan menghindari bertindak impulsif. Penelitian yang dilakukan University of California, San Francisco, menunjukkan semakin sulit untuk mengatakan tidak, orang cenderung akan mengalami stres, kelelahan, dan bahkan depresi. Mengatakan tidak memang tantangan besar untuk mengontrol diri bagi banyak orang.
'Tidak' adalah kata yang kuat yang Anda tidak perlu takut untuk mengucapkannya. Ketika saatnya untuk mengatakan tidak, orang-orang cerdas secara emosional akan mengatakannya dengan mantap tanpa keraguan di dalamnya. Ini adalah cara mereka menghormati komitmen sebelumnya dan menjaga konsistensi di antara mereka.
8. Anda belajar dari kesalahan
Orang dengan EQ tinggi akan menjauhkan diri dari kesalahan yang dibuatnya tanpa melupakannya. Dengan menjaga jarak dari kesalahan, namun masih bisa untuk dirujuk, mereka mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri meraih kesuksesan di masa depan. Mereka pandai mengelola kesalahan-kesalahan.
Jika berkutat terlalu lama di kesalahan akan memicu cemas dan malu, namun jika melupakan kesalahan, orang cenderung mengulanginya suatu saat nanti. Kunci untuk keseimbangan ini terletak pada kemampuan Anda untuk mengubah kegagalan menjadi perbaikan.
9. Anda memberi dan tidak mengharapkan apa-apa
Ketika seseorang memberi Anda sesuatu secara spontan, tanpa mengharapkan imbalan apa pun, maka akan meninggalkan kesan yang kuat. Emosional orang-orang cerdas mampu membangun hubungan yang kuat karena mereka terus berpikir tentang orang lain.
10. Anda tidak pendendam
Emosi negatif yang muncul dari dendam adalah stres. Stres yang membuat kekacauan pada tubuh memiliki konsekuensi kesehatan yang menghancurkan dari waktu ke waktu. Bahkan, para peneliti di Emory University telah menunjukkan bahwa stres berkontribusi pada penyakit tekanan darah tinggi dan jantung.
Menyimpan dendam berarti Anda menyimpan stres, dan orang-orang cerdas secara emosional akan menghindarinya. Menghilangkan dendam tidak hanya membuat Anda merasa lebih baik saat ini, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan Anda.
11. Anda mampu menetralisir orang beracun
Berurusan dengan orang yang sulit membuat Anda frustasi dan lelah. Individu dengan EQ tinggi membatasi interaksi dengan orang-orang beracun dengan menjaga perasaan mereka. Ketika harus menghadapi orang beracun, mereka mengatasi situasi secara rasional.
Mereka mengendalikan emosi mereka sendiri dan tidak membiarkan kemarahan atau frustrasi menambah kekacauan. Mereka juga mempertimbangkan sudut pandang orang dan mampu mencari solusi dan titik temu.
12. Anda tidak mencari kesempurnaan
Orang-orang cerdas secara emosional tidak akan menetapkan kesempurnaan sebagai target mereka karena mereka tahu bahwa itu tidak ada. Manusia pada dasarnya tidak sempurna. Ketika kesempurnaan adalah tujuan Anda, Anda akan selalu merasa terganggu dengan kegagalan sehingga membuat Anda ingin menyerah atau mengurangi usaha Anda.
Anda akhirnya menghabiskan waktu untuk meratapi kegagalan dan tidak tahu apa yang harus dilakukan.
13. Anda pandai bersyukur
Meluangkan waktu untuk merenungkan apa yang Anda syukuri bukan hanya hal yang benar untuk dilakukan; tetapi meningkatkan suasana hati Anda karena mengurangi hormon stres kortisol sebesar 23%.
Penelitian yang dilakukan di University of California, Davis, menemukan bahwa orang yang bekerja setiap hari untuk menumbuhkan sikap syukur mengalami peningkatan mood, energi, dan kesejahteraan fisik. Kemungkinan karena tingkat kortisol yang lebih rendah memainkan peran utama dalam hal ini.
14. Anda meluangkan waktu untuk menyendiri
Meluangkan waktu untuk keluar dari kesibukan secara teratur tanda dari EQ tinggi karena hal itu membantu Anda untuk menjauhkan diri dari stres dan membuat Anda hidup damai. Ketika Anda bekerja tanpa batas waktu, Anda telah mengekspos diri Anda mendapat stres secara konstan.
Penelitian telah menunjukkan bahwa sesuatu yang sederhana seperti tidak menerima e-mail untuk beberapa waktu dapat menurunkan tingkat stres. Teknologi memungkinkan komunikasi yang konstan dan Anda diharapkan tersedia selama 24/7. Hal ini membuat Anda sulit menikmati momen bebas stres di luar pekerjaan.
15. Anda membatasi asupan kafein
Minum kafein berlebihan memicu pelepasan adrenalin, dan adrenalin adalah sumber dari respon fight-or-flight yaitu (respon bertarung atau berlari) bila berhadapan dengan suatu ancaman, tubuh akan mudah terangsang melalui sistem saraf simpatetik dan sistem endokrin.
Respon yang muncul adalah meningkatnya detak jantung, tekanan darah, gula darah, dan pernafasan; berkurangnya peredaran darah ke kulit; dan meningkatnya peredaran darah ke otak. Individu dengan EQ tinggi tahu bahwa kafein adalah masalah, dan mereka tidak membiarkan hal itu merusak diri mereka.
16. Anda bisa tidur secara berkualitas
Tidur sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan mengatasi tingkat stres Anda. Ketika Anda tidur, otak akan mengisi kembali seperti baterai ponsel, menyortir berbagai kenangan hari itu dan menyimpan atau membuang mereka (yang menyebabkan mimpi) sehingga Anda bangun dengan pikiran nyaman dan jernih. Orang dengan EQ tinggi tahu bahwa pengendalian diri, perhatian, dan memori semua berkurang ketika mereka tidak mendapatkan cukup waktu untuk tidur. Jadi, mereka membuat tidur menjadi prioritas utama.
17. Anda berhenti berpikiran negatif
Semakin Anda berpikiran negatif, semakin besar kekuatan yang Anda berikan kepada mereka. Sebagian besar pikiran negatif kita hanya berdasar pada katanya, bukan fakta. Orang-orang cerdas secara emosional memisahkan fakta dan pemikiran untuk menghindarkan dirinya dari siklus negatif sehingga bisa bergerak ke arah pandangan baru yang positif.
18. Anda tidak mau orang lain membatasi kebahagiaan Anda
Ketika orang cerdas secara emosional merasa senang tentang sesuatu yang telah mereka lakukan, mereka tidak akan membiarkan pendapat atau komentar sinis siapa pun merusaknya.
Meski tidak mungkin untuk mematikan reaksi Anda terhadap apa yang orang lain pikirkan tentang Anda, Anda tidak perlu membandingkan diri Anda dengan orang lain, dan Anda selalu dapat mengambil pendapat orang dengan penuh perhatian. Dengan cara itu, tidak peduli apa yang orang lain pikirkan atau lakukan, kebahagiaan datang dari diri Anda sendiri.
Previous
Next Post »

NO SARA, NO RASIS, Jika belum punya akun BLOGGER silahkan komentar dengan pilihan ANOYMOUS Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment