Waspada, Robot Sudah Jajah 5 Bidang Pekerjaan Ini

edit


Waspada, Robot Sudah Jajah 5 Bidang Pekerjaan Ini
Beberapa alat dan aplikasi siap menggantikan profesi manusia ini.
Dream - Otomatisasi dalam industri telah mengubah cara manusia berinteraksi dengan pekerjaannya. Setiap pekerjaan yang berbahaya atau berulang kini berpotensi digantikan oleh otomatisasi atau pengerjaannya bisa digantikan sebuah alat atau mesin.
Kecanggihan teknologi bisa membuat pekerjaan manusia dikerjakan ‘robot’. Bahkan pekerjaan yang kompleks dan membutuhkan pelatihan bertahun-tahun. Berikut ini lima pekerjaan yang sudah mulai digantikan oleh otomatisasi robot, seperti dikutip dari Gulf News, Selasa, 22 September 2015.
1. Buruh di pelabuhan peti kemas
Peti kemas modern adalah teknologi yang berusia lebih dari 60 tahun dan telah mengubah wajah industri bongkar muat di pelabuhan. Kini otomatisasi mulai mengintai pekerjaan seorang buruh di pelabuhan peti kemas.
Pelabuhan Botany di Sydney, Australia memiliki terminal peti kemas yang sepenuhnya otomatis. Pelabuhan ini menggunakan 45 straddle carrier otomatis untuk memindahkan peti kemas dari kapal ke truk peti kemas. Mereka menggunakan sistem navigasi berbasis radar untuk memindahkan peti kemas dari kapal ke tumpukan atau truk peti kemas.
Satu-satunya tenaga manusia adalah supir truk peti kemas. Sisanya diproses sepenuhnya secara otomatis. Keselamatan adalah kunci utamanya dan tidak ada kecelakaan sejak sistem ini dimulai pada April 2015.
2. Supir truk atau lori di pelabuhan
Meski manusia masih dibutuhkan untuk mengemudikan truk atau lori di pelabuhan, peran mereka mungkin juga sudah mulai digantikan di masa depan. Di gurun pasir tar Alberta, truk raksasa otomatis seberat 400 ton adalah bagian penting dari proses ekstraksi minyak. Perusahaan Kanada Suncor Energy telah menguji sebuah truk yang bisa mengemudi sendiri dengan bantuan GPS di ladang minyak tersebut.
Perusahaan telah membeli 175 truk otomatis dan dilaporkan berencana untuk mengganti seluruh armadanya dengan truk tanpa awak ini pada akhir dekade ini. Tidak hanya itu, truk otomatis tersebut sudah digunakan dalam operasi pertambangan di Australia dan disebutkan dapat meningkatkan keamanan dan efisiensi.
3. Wartawan
Otomatisasi ternyata sudah merambah dunia jurnalistik. Associated Press menandatangani kesepakatan tahun lalu (2014) dengan Automated Insight untuk membuat laporan yang dihasilkan secara otomatis menggunakan platform bernama Wordsmith.
Wordsmith akan mengekstrak data kunci dari data keuangan dan menciptakan sebuah laporan yang akurat tapi apa adanya dengan cepat. Ketika digunakan pertama kalinya, platform ini menghasilkan laporan yang akan diperiksa oleh manusia untuk mencari kesalahan yang mungkin terjadi. Pemeriksaan kembali tersebut dilakukan untuk menyempurnakan platform Wordsmith.
Setelah tiga bulan, laporan yang keluar sudah tidak memerlukan campur tangan manusia. Wordsmith akhirnya berjalan sesuai dengan panduan gaya penulisan AP, bekerja 24 jam tanpa henti dan membuat lebih sedikit kesalahan.
AP dilaporkan mampu menerbitkan 3.000 artikel yang ditulis robot setiap kuartalnya dan berharap angka tersebut bisa meningkat.
4. Dokter
Kesalahan dalam laporan keuangan adalah biasa, tapi kesalahan dalam diagnosis kesehatan memiliki dampak yang jauh lebih besar. Jadi mampukah petugas medis otomatis memperbaiki sistem perawatan kesehatan?
Satu hal yang pasti, populasi dunia yang semakin menua membuat sistem perawatan kesehatan berada di bawah tekanan, sehingga dibutuhkan sebuah pendekatan baru. Pada 2012, pengusaha Vinod Khosla mengatakan dalam konferensi yang dihadiri oleh tenaga medis bahwa mesin akan menggantikan 80 persen dari tugas dokter.
Meskipun tampaknya tidak mungkin seseorang membuat janji untuk konsultasi dengan dokter umum robot, otomatisasi sudah membantu profesional medis di bidang khusus seperti radiologi dan patologi. Sebagai contoh, pengolahan gambar otomatis dapat mendeteksi kelainan pada sel atau pemindaian. Selain itu pengolahan gambar otomatis bisa mendukung staf medis dalam diagnosis mereka sehingga menjadi lebih cepat dan akurat.
5. Pengacara
Sering dianggap salah satu yang paling lambat mengadopsi teknologi, profesi pengacara terancam otomatisasi di masa depan. Salah satu teknologi otomatis pertama untuk membuat dampak pada bidang hukum adalah e-discovery.
Ini adalah teknologi yang memberikan nuansa baru terhadap suatu pencarian konten yang dipergunakan untuk proses peradilan atau penyelidikan. E-discovery memerlukan pengidentifikasian konten yang tersebar pada berbagai laptop, server email, server file dan sumber lainnya.
Secara tradisional pekerjaan ini akan dilakukan oleh pengacara dengan membaca dokumen dan membuat penilaian berdasarkan isinya. Sekarang pekerjaan ini dapat dilakukan sepenuhnya oleh robot yang mampu secara akurat menentukan relevansi dokumen.
Tidak hanya itu - sistem secara otomatis bisa membantu memprediksi seberapa besar kemungkinan seorang pengacara untuk memenangkan sengketa paten atau membantu memprediksi keputusan pengadilan. Semua ini cenderung akan menurunkan biaya jasa hukum yang memungkinkan lebih banyak orang untuk menyelesaikan sengketa mereka dan akses keadilan terasa lebih mudah.
 
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
September 26, 2015 at 12:54 PM ×

Terimakasih, postingan-nya sangat bagus sekali. Senang sekali berkunjung ke blog anda. saya bantu share ya gan? semoga dapat bermanfaat buat kita semua. Amin :D :D

Selamat cara mengecilkan perut setelah melahirkan dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin

NO SARA, NO RASIS, Jika belum punya akun BLOGGER silahkan komentar dengan pilihan ANOYMOUS Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment