Sentinel, Pulau Misterius yang Dihuni Suku `Buas`

edit


Sentinel, Pulau Misterius yang Dihuni Suku Buas (Mirror.co.uk)
Dihuni suku berusia 60 ribu tahun.
Dream - Jangan terkecoh dengan keindahan sebuah kepulauan di Samudera Hindia. Di salah satu pulau di kepulauan Andaman yang masuk wilayah India itu terdapat satu suku yang kejam.
Dikutip Dream dari laman Mirror.co.uk, Minggu 25 April 2015, Pulau Sentinel Utara, yang seukuran Manhattan, telah dihuni oleh penduduk asli Sentinel selama 60.000 tahun.
Suku primitif ini telah menolak dunia modern dan tak segan-segan melakukan kekerasan terhadap orang asing. Pada tahun 2006 silam, suku ini membunuh dua orang asing saat mereka memancing di dekat Pulau Sentinel Utara.
Ketidaksukaan mereka pada orang asing bahkan ditunjukkan dengan melemparkan batu dan memanah pesawat atau helikopter yang lewat.
Parahnya, Pemerintah India memberlakukan larangan bagi orang asing yang melakukan kontak dengan suku Sentinel.
Bagi yang melanggar akan dianggap melakukan perbuatan kriminal. Meski berada tiga mil dari pulau dianggap ilegal, namun tak menghentikan beberapa nelayan lokal berkeliaran di dekatnya.
Survival International, yang mengadvokasi hak-hak suku dengan populasi sekitar 200 jiwa itu, telah mengklaim bahwa nelayan lokal secara teratur memasuki wilayah pulau.
Salah satu bahkan masuk ke pulau sebelum ia dan enam orang lainnya ditangkap oleh pihak berwenang.
Kelompok ini sekarang khawatir bahwa kelangsungan hidup suku Sentinel terancam.
Direktur Survival International, Stephen Corry, mengatakan: "Suku-suku Andaman Besar dari Kepulauan Andaman di India musnah oleh penyakit ketika Inggris menjajah pulau di tahun 1800-an.
"Yang terbaru adalah kepunahan suku Bo, yang anggota terakhir dari suku itu meninggal empat tahun yang lalu."
"Satu-satunya cara pemerintah lokal Andaman dapat mencegah kepunahan suku adalah dengan memastikan Pulau Sentinel Utara dilindungi dari pihak luar." (Ism)
By Dream
Previous
Next Post »

NO SARA, NO RASIS, Jika belum punya akun BLOGGER silahkan komentar dengan pilihan ANOYMOUS Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment